Pengertian Stroke Hemoragik

Pengertian Stroke Hemoragik
Stroke hemoragik adalah stroke yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak yang menyebabkan fungsi otak menjadi terganggu. Penyebab stroke hemoragik disebabkan karena hipertensi , pecahnya aneurisma (penipisan pembuluh darah arteri), malformasi arteri venosa. Akibat pembuluh darah di otak pecah , oksigen di dalam otak pun manjadi berkurang . Hal ini dapat menyebabkan otak mengalami hipoksia yang dilanjutkan dengan kelumpuhan pada sebagian tubuh penderita . Jika yang terjadi gangguan adalah otak sebelah kiri , maka yang akan bermasalah adalah tubuh bagian kanan . Begitu pula sebaliknya jika yang terjadi gangguan adalah otak kanan , maka yang akan bermasalah adalah tubuh bagian kiri . Tingkat lumpuh pada stroke adalah hanya sebagian tubuh saja . Biasanya sangat jarang terjadi jika yang mengalami kelumpuhan adalah seluruh bagian tubuh . Hal ini terjadi karena otak tidak mampu merespon dengan baik alhasil otak tidak mampu mengirimkan sinyal perintah teradap tubuh untuk bergerak .

Penyebab Pendarahan di Dalam Otak :

1. Aneurisma Berry 
Aneurisma Berry adalah kelainan yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah otak baik pembuluh darah nadi ataupun pembuluh darah balik . Aneurisma Berry biasa dikenal di kalangan dokter sebagai bom waktu di otak. Mengapa demikian ? Hal ini karena di dalam otak terdapat gumpalan darah yang mampu menhambat masuknya oksigen di dalam otak . Jika hal ini terjadi , biasa nya tidak langsung instan terasa tetapi butuh waktu lama bahkan 5-15 tahun kemudian . Oleh karena itu disebut sebagai bom waktu.  

2. Malformasi Arteriovebous 
 Malformasi Arteriovebous adalah pembuluh darah yang memiliki bentuk abnormal(tidak seperti bentuk biasanya). Terjadi proses penyambungan pembuluh darah arteri dimana jika ini terjadi darah dapat langsung masuk ke dalam pembuluh darah vena yang mana akan mengakibatkan pembuluh darah mudah pecah dan menyebabkan pendarahan otak.

3. Ruptur Arteriol Serebral
Ruptur Arteriol Serebral terjadi akibat hipertensi yang mengakibatkan penebalan pada pembuluh darah.

0 Response to "Pengertian Stroke Hemoragik"

Post a Comment

Pembaca yang baik bukanlah ia yang diam , tapi tanggapilah setelah sesudah membaca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel