Pengertian Stroke Iskemik

Pengertian Stroke IskemikStroke Iskemik adalah - Pengertian stroke iskemik stroke dimana disebabkan karena tersumbatnya aliran darah dan pasokan oksigen ke dalam otak sehingga jaringan pembuluh darah di dalam otak akan mati bahkan tidak berfungsi kembali. Rata-rata stroke iskemik menyerang usia antara 30-60 tahun , hal ini dikarenakan kebanyakan pada usia tersebut orang tidak lagi olahraga rutin dan bahkan jarang sekali olahraga . Apalagi jika konsumsi makanan berlemak juga tinggi , bisa jadi lemak jenuh seperti santan , keju , dan lain - lain mengendap di dalam tubuh kita .Ciri-ciri penyakit stroke iskemik maupun stroke hemoragik hampir sama hanya saja tingkat parahnya dan penyababnya saja.

Menurut penyebabnya , stroke Iskemik dibagi menjadi 3 type :

1. Trombosis ( terjadinya pada pembuluh darah besar )
 Trombosis merupakan pembekuan darah. Jenis stroke trombosis merupakan stroke akibat penyumbatan aliran darah di pembuluh darah besar di otak karena gumpalan yang terbentuk karena proses aterosklorestik ( pembekuan arteri ). Stroke trombosis merupakan stroke yang populer menyerang penderita di seluruh dunia . Jika dikalkulasikan , presentasi penderita stroke yang tergolong jenis ini sebesar 40%. Jika aliran darah tersumbat oleh gumpalan tersebut akibatnya adalah yang seharusnya otak mendapat pasokan oksigen , maka otak kekurangan oksigen . Akibat yang terjadi dari hal tersebut adalah terganggu fungsi otak kita.

2. Lakunar ( terhadi pada pembuluh darah kecil)
Stroke lakunar merupakan stroke yang disebabkan karena penyumbatan aliran darah ke otak yang terletak pada pembuluh darah kecil . Stroke lakunar disebabkan karena adanya luka yang biasanya terletak di bagian subkortikal , batak otak , dan sereblum(otak kecil). Stroke ini erat kaitanya dengan naiknya tekanan darah di dalam tubuh kita. Presentase penderita yang mengalami stroke lakunar adalah 20% , biasa nya jika terkena stroke lakunar tidak akan terjadi stroke yang parah.

3. Emboli Sereblal

Stroke emboli merupakan stroke yang disebabkan karena terdapat gumpalan darah yang berasal dari jatung yang kemudian diteruskan menuju otak. Akibatnya pembuluh di dalam otak menjadi tersumbat , jika hal itu terjadi maka fungsi otak akan kekurangan pasokan oksigen yang menyebabkan kinerja otak bermasalah. 

Baca juga :  

0 Response to "Pengertian Stroke Iskemik"

Post a Comment

Pembaca yang baik bukanlah ia yang diam , tapi tanggapilah setelah sesudah membaca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel